Minggu, 17 November 2013

Terdengar Letusan, Merapi Hujan Abu

Boyolali, - Gunung Merapi di perbatasan Jateng-Yogyakarta kembali menggeliat. Warga yang menghuni di kawasan lereng Merapi mengaku mendengar beberapa kali suara dentuman keras dari arah puncak gunung sekitar pukul 05.00 WIB.

Saat ini di sejumlah kawasan terjadi hujan abu cukup pekat. Sugiyanto, warga Banjarejo, Desa Mriyan, Musuk, Boyolali mengaku mendengar suara dentuman keras dari arah puncak Merapi, kemudian disusul kepulan asap yang membumbung ke angkasa di kawah Merapi.

Sejumlah warga Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Boyolali juga sempat melihat adanya api saat merapi meletus. "Ada apinya keluar terpencar, saya langsung lari pulang," kata Ngatiyah, warga dukuh mlambong, Desa Sruni yang saat itu sedang memetik bunga mawar di ladangnya, Senin (18/11/2013).

"Terdengar suara dentuman di puncak dan saya lihat ada pijar api, langsung keluar asap pekat yang mengepul ke angkasa. Abu mengarah ke timur dan timur laut. Saat ini warga di desa kami sudah bersiaga di luar rumah namun belum memutuskan mengungsi. Masih menunggu perkembangan kondisi," kata Warjuli, warga Sruni lainnya.

Saat ini di sejumlah kawasan dilaporkan terjadi hujan abu. Di kawasan Kecamatan Musuk, dilaporkan hujan abu cukup merata. Bahkan di Desa Cluntang, Musuk, hujan abu bercampur dengan pasir.

Aktivitas di Pasar Pengkol, Musuk, dilaporkan segera berhenti karena warga memilih mewaspadai keadaan karena hujan abu di kawasan itu cukup pekar. Bahkan hujan abu juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Boyolali Kota.

Sedangkan hingga saat ini pos pengamatan Gunung Merapi di Desa Jrakah, Selo, Boyolali, belum berhasil dihubungi.

sumber: http://news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar