Minggu, 03 November 2013

Gasak Celta Vigo, Barcelona Pertahankan Laju Tak Terkalahkan



 Barcelona - Barcelona melanjutkan catatan tak terkalahkannya di musim ini setelah mengalahkan Celta Vigo 3-0. Gol-gol diciptakan oleh Alexis Sanchez dan Cesc Fabregas, serta satu gol bunuh diri kiper Celta Yoel Rodriguez.

Bermain Estadio Balaidos, Rabu (30/10/2013) dinihari WIB, Barca meneruskan kebijakan rotasi pemainnya. Neymar yang tampil gemilang di laga di El Clasico, tak diturunkan sebagai starter. Begitu juga dengan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Seperti biasa tim asuhan Gerardo Martino menguasai jalannya pertandingan. Soccernet mencatat mereka unggul penguasaan bola 60% berbanding 40%. Barca membuat 20 upaya di mana delapan tepat target sementara Celta membuat 12 upaya dan hanya empat yang mengarah ke sasaran.

Tim tamu membuka keunggulan lewat Alexis menyusul sebuah kesalahan pemain belakang Celta. Gol kedua tercipta lewat bunuh diri Yoel berkat upaya Fabregas. Sementara gol terakhir ditorehkan Fabregas menerima umpan Lionel Messi.

Dengan hasil ini, Barca masih kokoh di puncak klasemen La Liga dengan nilai 31 dari 11 pertandingan. Messi dkk unggul empat angka dari Atletico Madrid di urutan dua yang baru 10 kali bermain.

Jalannya Pertandingan.

Barcelona mampu unggul cepat kala Alexis menjebol gawang Yoel Rodriguez di menit ke-8. Gol bermula dari kesalahan Gustavo Cabral, di mana ia kehilangan bola setelah direbut oleh Pedro Rodriguez.

Pedro lantas mengirim bola ke Fabregas yang tak terkawal dan melakukan upaya pertama, namun gagal setelah ditepis Yoel. Bola muntah yang bergulir liar tak disia-siakan oleh Alexis.

Alexis kembali mengancam gawang Celta pada menit ke-13. Umpan silang Pedro sukses ditanduk oleh pemain asal Chile tersebut dan memaksa Yoel melakukan penyelamatan.

Meski menguasai pertandingan, namun Barca bukan tanpa tekanan. Pada menit ke-29, Victor Valdes mendapatkan ujian dari pemain pinjaman Barca, Rafinha, yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Valdes sempat kebobolan tiga menit kemudian lewat sontekan Manuel 'Nolito' Duran. Namun beruntung bagi Barca wasit menganulir gol ini karena menganggap terjadi pelanggaran terlebih dulu pada Valdes. Babak pertama ditutup dengan keunggulan tim tamu 1-0.

Baru tiga menit babak kedua berjalan, tim Catalan menambah keunggulan. Menerima umpan pendek dari Lionel Messi di luar kotak penalti, Fabregas lantas melepaskan sepakan keras yang membentur mistar gawang Yoel. Sial bagi Yoel, bola pantulan mengenai tangannya dan masuk ke gawang.

Barca semakin menjauh setelah Fabregas sukses mengonversi umpan terobosan Messi pada menit ke-54. Lepas dari kawalan di muka kotak penalti Celta, gelandang 26 tahun ini membawa bola masuk ke pertahanan tuan rumah dan menaklukkan Yoel lewat sepakan mendatar.

Keunggulan Barca nyaris ditipiskan oleh Nolito pada menit ke-67, andai tendangan bebasnya tak dimentahkan mistar gawang. Tendangan bebas ini dihadiahkan menyusul pelanggaran Dani Alves terhadap Nolito.

Barca membalas lewat Messi pada menit ke-81. Lewat skema serangan balik, pemain asal Argentina ini melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Celta, melakukan gerakan memotong ke tengah, dan melepaskan sepakan kaki kiri yang keras. Upayanya susah payah ditepis Yoel.

Tiga menit berselang, gantian Barca tertekan. Charles Oliveira melakukan tusukan di sisi kanan pertahanan 'Los Cules' dan melepaskan umpan silang kepada Santiago Mina yang berdiri cukup bebas di muka gawang. Namun Mina tak mampu memaksimalkan kesempatan tersebut dan upayanya ditepis dengan kaki oleh Valdes.

Tak ada laga gol tercipta hingga laga usai.

Celta : Yoel; Mallo, Cabral, Fontas, Aurtenetxe (Toni '55); Lopez, Oubina, Rafinha; Fernandez (Mina ''59), Charles, Nolito (Orellana '68).

Barcelona : Valdes; Alves, Bartra, Puyol, Adriano (Montoya '31); Song, Busquets, Fabregas (Iniesta '70); Sanchez (Tello '83), Messi, Pedro.
Sumber: sport.detik.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar